INFORMATIKA: Integrasi Antar Aplikasi Office

.・。.・゜✭・.・✫・゜・。.


Halo semuanya, halo juga bu Yanti yang memberikan tugas sekaligus yang akan membaca blog ini ૮₍´˶ᵔェᵔ˶₎ა ! 

Perkenalkan, nama aku Ratu Nayla kelas 10 Bahasa. Kali ini aku akan menulis resume tentang integrasi antar aplikasi office seperti yang ibu minta. Sebelumnya aku minta maaf kalo tulisan aku disini berantakan, karena ini pertama kalinya membuat blog. Selamat membaca♡

Oke, yang pertama kita bahas tentang aplikasi microsoft office terlebih dahulu. Ada banyak aplikasi micrsoft office diantaranya ada microsoft word, microsoft excel, microsoft powerpoint, microsoft outlok dan microsoft accsess. Apa itu microsoft word? Microsoft word adalah aplikasi yang biasa digunakan untuk membuat sebuah dokumen yang beruhubungan dengan surat menyurat, aplikasi ini digunakan untuk pengolahan data. Yang kedua ada microsoft excel, apa itu microsoft excel? Microsoft excel digunakan untuk membuat dokumen pengolahan angka, pemberian nilai pada siswa, penggajian dan beberapa pekerjaan lain yang berhubungan dengan angka. Selanjutnya yaitu microsoft powerpoint, aplikasi powerpoint biasa digunakan untuk kegiatan presentasi. Lalu ada, microsoft outlok, yaitu aplikasi yang digunakan untuk membaca dan mengirimkan surat elektronik atau email. Dan terakhir microsoft access, yaitu aplikasi yang biasa digunakan untuk database sekala rumahan atau perusahaan.

Nah, apa sih yang dimaksud dengan integrasi itu? Menurut KBBI integrasi memiliki arti pembauran sampai menjadi satu kesatuan yang utuh. berarti, integrasi antar aplikasi office bisa kita artikan menjadi menggabungkan atau mengaitkan data antar sub sistem sehingga data tersebut bisa digunakan pada sistem lainnya. Beralih ke sistem informasi, lalu apa tujuan dari sistem informasi? Tujuan utama dari sistem informasi adalah memberikan informasi yang benar pada saat yang tepat. Jadi, suatu data atau sistem yang terintegrasi diperlukan dalam suatu organisasi atau perusahaan karena informasi yang dihasilkan akan digunakan untuk keperluan yang lebih luas lagi dan tentunya untuk membantu organisasi atau perusahaan itu sendiri. Data dalam file suatu sistem diperlukan juga oleh sistem yang lainnya atau output suatu sistem menjadi input bagi sistem yang lainnya.

Bisa disimpulkan, untuk definisi integrasi yaitu adalah saling berkaitan atau saling berhubungan antar sub sistem sehingga data dari suatu sistem dapat melintas, menuju atau diambil oleh satu atau lebih sistem yang lain. Intergrasi sendiri itu terdiri dari 2 macam, yaitu yang pertama ada integrasi data, integrasi data adalah proses menggabungkan atau menyatukan data yang berasal dari sumber yang berbeda dan dilakukan untuk mendukung manajemen informasi serta mendukung pengolahan data menjadi informasi yang lebih baik atau lebih sempurna. Yang kedua ada integrasi sistem, integrasi sistem adalah rangkaian proses untuk menghubungkan beberapa sistem kompterisasi dan software aplikasi, baik secara fisik maupun fungsional. Sekarang, apa aja sih manfaat integrasi? Ada beberapa manfaat integrasi yang bisa kita dapatkan nih yaitu yang pertama sebagai sumber utama, maksudnya sumber utama itu apa? Sumber utama itu maksudnya adalah seluruh data yang kita cari akan berada di satu sistem dan akan selalu diperbaharui tanpa perlu mencari tau sub sistem mana yang melakukan pembaharuan tersebut. Yang kedua adalah database yang tertata rapih, kalo ini mah ga perlu dijelasin ya maksudnya apa, karena udah pasti nih database yang rapih bakal mempermudah kita untuk mengakses data dan juga memperhemat waktu dan biaya oprasional, selain itu database perusahaan yang tertata rapih biasanya akan terlihat lebih unggul dibandingan perusahaan-perusahaan yang lainnya. Yang ketiga adalah user interface yang lebih konsisten, maksudnya apa? Jadi, dengan menggunakan single platform yang mengintegrasikan seluruh sistem perusahaan maka dapat dipastikan bahwa setiap komputer yang terhubung dengan sistem integrasi memiliki user interface yang sama. 

Berikut cara-cara melakukan integrasi ada 4, yaitu pertama, pemanggilan prosedur, yaitu aplikasi yang akan melayani harus menyediakan mekanisme agar bisa dipanggil aplikasi lain. Kedua ada messaging, yaitu aplikasi saling terhubung satu sama lain dengan cara bertukar pesan. Ketiga, sharing database yaitu pengirim dan penerima menggunakan database sebagai media pertukaran data, pengirim menaruh datanya ke suatu tabel di database lalu kemudian akan dibaca oleh penerima, Terakhir ada file transfer yaitu mekanisme dan format file dan struktur data didalamnya sudah ditentukan, demikian juga dengan lokasi penyimpanan file dan aturan penamaannya. 

Contoh integrasi pada aplikasi ms office, misalnya membuat tabel of content pada ms word, atau linkin and embed pada aplikasi ms office, bisa juga membuat surat massal pada ms word dengan menggunakan database yang ada pada ms excel atau ms access, contoh lain misalnya membuat grafik pada aplikasi ms office. 

Sekarang, saya akan memberi tahu langkah-langkah integrasi microsoft excel dengan microsoft word. Berikut diantaranya:
1. Pertama, kita buka microsoft word


2. Pada halaman baru microsoft word, tambahkan grafik pada menu insert, kemudian klik pada sub menu chart dan pilih jenis grafik yang diinginkan. Misalnya grafik batang atau column, lalu klik OK.
3. Secara otomatis layar komputer akan membuka aplikasi microsoft excel 

4. Selanjutnya data input atau data grafik chart yang ada di microsoft excel diubah sesuai dengan keperluan grafik yang akan dibuat dengan microsoft word dan secara otomatis data pada microsoft word akan mengikuti data yang dibuat di microsoft excel
5. Ubah kategori sesuai data yang digunakan
6. Kemudian tutup jendela excel dan memberi judul untuk grafik sesuai data yang digunakan
9. Selesai.

Sekian resume dari saya, kurang lebihnya mohon maaf. Terimakasih sudah membaca.

SUMBER: 
-https://youtu.be/haAODD7gbMg
-https://www.maxtrimus.com/2020/08/materi-kelas-x-integrasi-antar-aplikasi.html

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMROGRAMAN: Tipe Data

INFORMATIKA: Hak Kekayaan Intelektual